Segala Sesuatu yang Perlu Anda Tahu Tentang Jerawat Batu

posting in Blog

Kali ini kami akan membahas ulasan lengkap tentang jerawat batu yang perlu anda ketahui.  Jerawat adalah masalah kulit yang tentunya tidak ingin dialami siapapun karena dapat membuat penderitanya tidak nyaman dan kehilangan percaya diri. Ada beberapa jenis jerawat yang perlu anda ketahui. Di satu sisi, satu atau dua jerawat kecil mungkin masih terbilang wajar. Beda halnya jika jerawat yang muncul terbilang besar dan cukup menyakitkan, seperti jerawat batu.

Jerawat batu menyebabkan wajah menjadi kemerahan dan disertai dengan benjolan berisi cairan nanah. Jenis jerawat ini pun cukup menyakitkan. Jerawat batu terjadi ketika minyak dan sel kulit mati yang tersumbat di folikel rambut mengalami infeksi akibat bakteri.

Jerawat batu tidak hanya timbul di daerah sekitar muka, tapi juga bisa menyebaar di bahu, punggung, dada, dan lengan atas. Jerawat batu juga biasanya timbul pada remaja dan dewasa diatas 20 tahun.

Nah, lebih lengkapnya, berikut ini adalah ulasan lengkap tentang jerawat batu yang perlu anda ketahui!

1. Ciri- Ciri Jerawat Batu

Dalam ulasan lengkap tentang jerawat batu, apa sajakah ciri-ciri dari jerawat batu?

1) Berukuran Besar
Ciri- ciri jerawat batu yang pertama adalah berukuran besar dibandingkan dengan jerawat tipe lain. Biasanya, jerawat batu memiliki cairan di dalamnya yang akan membuat jerawat terlihat membengkak.

ulasan lengkap tentang jerawat batu

Bahkan, jerawat batu ini masih tetap dapat terlihat walaupun telah mengaplikasikan kosmetik. Jika anda mengaplikasikan kosmetik terlalu berlebihan untuk menutupinya, hal ini malah akan membuat jerawat batu semakin meradang. Namun jika tidak dilapisi kosmetik, jerawat batu tentunya sangat memengaruhi fisik anda.

Baca Juga : 7 Keuntungan Memiliki Kulit Wajah Berminyak yang Tidak Pernah Anda Sangka

2) Terjadi Pada Kulit Berminyak
Ciri- ciri yang kedua adalah jerawat batu biasa tumbuh pada kulit berminyak. Menurut hasil penelitian, jerawat batu akan cenderung timbul pada para pemilik kulit berminyak. Oleh karena itu, orang yang memiliki tipe kulit berminyak harus lebih ekstra dalam perawatan kulitnya. Selain itu, jerawat batu biasanya muncul karena adanya ketidakseimbangan hormon yang terjadi akibat mengkonsumsi makanan yang salah, stress, fase menstruasi, atau fase pubertas. ulasan lengkap tentang jerawat batu

Nah, faktor-faktor yang menyebabkan ketidakseimbangan hormon bisa membuat kulit semakin banyak memproduksi sebum atau minyak alami. Nah, jika anda memiliki kulit berminyak dan mengalami gangguan hormon, pastinya minyak akan menyumbat pori- pori dan jika bercampur dengan kotoran dan sel- sel kulit mati, akan menimbulkan jerawat batu.

3) Bertekstur Keras dan Menyakitkan
Ciri- ciri jerawat batu yang ketiga adalah bertekstur keras dan menyakitkan. Jika anda sentuh jerawat batu dengan menggunakan tangan, jerawat akan bertekstur keras. Selain memiliki tekstur yang keras, jenis jerawat ini akan terasa menyakitkan walaupun anda sedang tidak memegangnya.

4) Ciri Lainnya
Sebenarnya masih banyak ciri- ciri jerawat batu dalam ulasan lengkap tentang jerawat batu. Antara lain, jerawat batu lebih sering timbul pada laki- laki, berisi cairan nanah dan bakteri, dapat menyebar dengan cepat di kulit, susah dihilangkan, berpotensi besar menimbulkan bekas jerawat, dan masih banyak lainnya.

2. Penyebab Jerawat Batu

Dalam ulasan lengkap tentang jerawat batu, adapun beberapa penyebab munculnya jerawat batu.

1) Faktor Genetik
Penyebab yang pertama adalah faktor genetik. Apakah orang tua anda memiliki jenis wajah berminyak dan pernah mengalami jerawat batu? Jika ya, itu bisa jadi jerawat batu yang anda alami diakibatkan faktor genetik.

2) Kosmetik
Penyebab yang kedua adalah kosmetik. Perlu juga diperhatikan bahwa beberapa bahan yang terkandung di dalam kosmetik dapat menyebabkan timbulnya jerawat batu. Apalagi jika anda memiliki kulit sensitif, penggunaan kosmetik yang tidak tepat bisa membuat kondisi kulit anda semakin parah.  Selain itu, jerawat batu bisa diakibatkan penggunaan kosmetik yang terlalu tebal seharian dan anda tidak langsung membersihkannya.

3) Faktor Hormonal
Faktor hormonal merupakan hal berikutnya yang menyebabkan munculnya jerawat batu. Saat anda mengalami fase pubertas, biasanya hormon androgen penyebab jerawat akan meningkat. Hal ini akan menyebabkan kulit anda memproduksi sebum lebih banyak sehingga akan memicu munculnya jerawat batu.

Selain masa pubertas, fase menstruasi juga bisa meningkatkan hormon penyebab jerawat, yaitu hormon androgen dan hormon estrogen, sehingga produksi minyak di kulit bisa meningkat. Stres berat masa kehamilan, dan mengonsumsi pil KB juga dapat membuat hormon didalam tubuh menjadi tidak stabil, sehingga akan memicu produksi minyak yang berlebihan.  Semua perubahan hormon itulah yang menyebabkan jerawat batu muncul.

3. Cara Mengobati Jerawat Batu

Ulasan lengkap tentang jerawat batu, salah satunya adalah cara mengobatinya.  Jika anda merasa bahwa jerawat batu anda mengalami peradangan yang parah, kini saatnya untuk anda mencari dan mengunjungi dokter kulit atau dermatologis yang tepat untuk anda. Sebab, dokter bisa mendiagnosis apa faktor penyebab anda mendapatkan jerawat tersebut dan juga dapat mengobati dari akarnya.

ulasan lengkap tentang jerawat batu

Misalnya, apabila masalahnya pada produksi minyak yang berlebih, dokter akan memfokuskan pengobatannya pada mengurangi produksi minyak berlebih.  Berikut adalah obat- obat yang bisa anda dapatkan untuk mengobati jerawat batu.

1) Antibiotik Minum
Obat yang mungkin anda dapatkan dari dokter adalah antibiotik minum. Biasanya dokter akan meresepkan antibiotik, dan setiap pasien akan mendapatkannya dengan dosis yang berbeda tergantung pada tingkat keparahan jerawat batu. Selain itu, jenis antibiotik yang akan digunakan setiap klinik berbeda- beda.

Antibiotik ini diperlukan untuk membasmi bakteri yang menyebabkan jerawat batu dan membuatnya semakin parah. Dan anda harus rutin meminumnya, tidak boleh berhenti meminumnya tanpa sepengetahuan dokter, sebab dokter akan mengurangi dosisnya sedikit demi sedikit. Antibiotik clindamycin merupakan salah satu contoh yang mungkin disarankan untuk kulit berjerawat.

2) Retinoid
Obat lainnya yang mungkin anda dapatkan dari dokter adalah gel, krim atau losion yang mengandung retinoid dan vitamin A.

3) Isotretinoin
Selanjutnya, yang mungkin diresepkan dokter adalah Isotretinoin. Isotretinoin dikenal sebagai accutane dengan fungsinya untuk mengatasi jerawat. Anda harus minum obat ini sekali atau dua kali sehari dalam jangka waktu lima bulan.  Namun, ibu hamil sangat dilarang keras menggunakan obat ini.

Demikianlah ulasan lengkap tentang jerawat batu yang perlu anda ketahui. Sebaiknya ketika anda mulai melihat ciri- ciri jerawat batu pada jerawat anda, anda segera mengunjungi dan berkonsultasi dengan dokter untuk cara mengatasinya dengan tepat.