4 Penyebab Rambut Bercabang dan Patah Yang Tidak Kita Sadari

admin in Blog

Rambut adalah mahkota bagi wanita yang wajib untuk dirawat agar terjaga keindahannya. Anda pasti tidak menginginkan rambut yang tidak sehat karena rambut yang tidak sehat berarti juga tidak indah. Rambut yang patah dan bercabang akan sulit untuk ditata, bahkan akan mengurangi kepercayaan diri dan kecantikan fisik anda.

Namun, rambut pun tidak terlepas dari masalah-masalah seperti rambut yang bercabang, patah, dan berminyak. Akhirnya, tidak jarang wanita yang berambut panjang memilih untuk memotong rambut menjadi pendek agar tidak perlu susah merawat rambut.

Rambut terdiri dari tiga lapisan yaitu medulla, cortex, dan kutikula. Medulla adalah lapisan terdalam, cortex adalah lapisan yang mengelilingi medulla, dan kutikula adalah lapisan terluar yang berguna untuk melindungi rambut. Lapisan kutikula ini seringkali berhubungan dengan paparan sinar matahari, bahan kimia dari shampoo, dan lain-lain sehingga rentan terjadi kerusakan.

Ketika kutikula rusak maka rambut tidak akan terlindungi lagi. Rambut patah dan bercabang disebabkan oleh lapisan kutikula yang rusak. Rambut patah bisa terjadi di dekat akar rambut yang bisa menyebabkan kebotakan, atau di bagian ujung rambut yang disebut rambut bercabang. Rambut bercabang adalah rambut yang ujungnya membelah dua.

Rambut patah tergolong kedalam rambut rontok karena rambut terlepas dari batangnya. Minyak atau sebum yang diproduksi oleh kelenjar sebaceous atau kelenjar minyak sering tidak sampai ke ujung rambut jika dibandingkan dengan akarnya. Hal itu juga merupakan penyebab rambut rontok dan bercabang.

Sebenarnya mudah untuk mencegah rambut bercabang dan patah asal kita tahu apa penyebab rambut bercabang dan patah tersebut. Banyak faktor yang tidak ketahui penyebab rambut bercabang dan patah yang diakibatkan perlakuan anda sendiri yang tidak anda sadari seperti rebonding dan smoothing.

1. Kurangnya kelembaban pada rambut

Di kulit kepala, diproduksi minyak atau sebum oleh kelenjar minyak atau sebaceous yang berguna untuk melembabkan kulit kepala dan menjaga kulit kepala dan rambut tetap sehat. Minyak atau sebum yang keluar dari folikel rambut ini akan membasahi rambut mulai dari akar hingga ujung rambut.

Walaupun minyak atau sebum yang diprosuksi di folikel rambut cukup untuk menutrisi rambut anda. Namun, kegiatan keramas yang anda lakukan akan mengganggu proses penutrisian rambut dan kulit kepala yang akan membuat rambut bercabang dan patah.

Tips menjaga kelembaban rambut agar terhindar dari rambut patah dan bercabang:

• Jangan keramas terlalu sering. Anda mungkin menganggap bahwa keramas akan membuat rambutmu lebih sehat dan bersih. Namun, hal itu salah besar. Hal itu disebabkan karena terlalu sering keramas akan membuang minyak yang ada di rambut yang merupakan penyebab rambut bercabang dan patah. Jika anda memiliki jenis kulit kering dan sering melakukan keramas sebaiknya anda menambahkan minyak tambahan ke rambut anda, seperti minyak zaitun, minyak almond, dan minyak kelapa yang akan membantu melembabkan rambut sehingga tidak mudah patah dan bercabang.
• Penggunaan Conditioner. Anda juga bisa menggunakan conditioner rambut untuk membantu melembabkan rambut seusai keramas sehingga minyak yang terbuang akan tergantikan oleh kandungan dalam conditioner. Anda bisa menggunakan Leave On Conditioner untuk membuat rambut lembab dan kuat.

Minyak yang berfungsi untuk menutrisi rambut memiliki kecepatan yang berbeda-beda dalam menutrisi rambut tergantung jenis rambut setiap orang. Jika anda memiliki rambut yang tebal dan keriting maka sebum atau minyak akan lebih lambat untuk menutrisi rambut. Selain itu, cuaca dan kegiatan yang anda lakukan setiap hari juga dapat menggangu kelembaban kepala yang menyebabkan rambut menjadi patah dan bercabang.

2. Kurangnya asupan nutrisi

merawat rambut bercabang

Kurangnya asupan nutrisi yaitu vitamin C, vitamin E, protein, dan zinc dapat menyebabkan rambut yang patah dan bercabang karena kurangnya asupan nutrisi bagi rambut. Nutrisi yang cukupt berguna untuk cara mengatasi rambut bercabang. Anda dapat mengonsumsi makanan-makanan yang mengandung vitamin C,E, protein dan zinc dalam menu sehari-hari anda.

Anda juga bisa menggunakan vitamin rambut yang mengandung vitamin C,E, dan zinc sebagai pengobatan dari luar. Konsumsi makanan-makanan dibawah ini akan merawat rambut bercabang dan patah anda.

Makanan yang mengandung nutrisi untuk mengatasi rambut kering dan bercabang:

• Vitamin B12, Omega 3, dan zat besi yang bagus untuk menghindari rambut yang patah dan bercabang dapat anda temukan dalam ikan, sarden, tuna, salmon, telur.
• Protein dapat anda temukan dalam daging ayam dan kalkun yang berguna untuk menutrisi rambut sehingga menghindarkan dari kerusakan rambut
• Biotin dan zinc yang merupakan mineral essensial yang diperlukan untuk menjaga kesehatan rambut dapat ditemukan di kacang-kacangan.
• Vitamin A, vitamin C, dan kalsium yang berfungsi untuk memproduksi minyak rambut yang berfungsi untuk menutrisi kulit dapat anda temukan di sayuran hijau seperti bayam dan brokoli.
• Vitamin C yang bagus untuk meningkatkan kondisi kesehatan rambut dapat ditemukan dalam jeruk dan kiwi.
• Kalsium yang diperlukan dalam pertumbuhan rambut dapat anda temukan dalam yoghurt dan susu.
• Zinc yang berfunsi untuk produksi hormone androgen untuk mempertahankan kesehatan rambut dapat anda temukan dalam tiram.

3. Terlalu sering terpapar matahari

penyebab rambut bercabang dan mencegahnya

Paparan sinar matahari dapat membuat rambut anda menjadi rambut bercabang dan kusam. Terlalu sering terpapar sinar matahari akan membuat lapisan kutikula dalam rambut rusak dan tidak dapat melindungi rambut. Sinar matahari pada puncak siang hari sangat membahayakan rambut karena mengandung sinar Ultraviolet (UV) yang dapat merusak rambut dan kulit.

Radiasi sinar UV mengandung tiga bagian yaitu UVA,UVB, dan UVC, yaitu:

• UVA adalah radiasi yang paling ringan diantara ketiganya namun UVA saja sudah berefek merusak rambut yaitu rambut menjadi patah dan bercabang.
• UVB memiliki radiasi yang lebih parah dibandungkan UVA karena dapat merusak protein yang merupakan nutria dalam rambut shingga rambut yang kekurangan protein akan menjadi rusak.
• UVC adalah radiasi yang paling parah diantara ketiganya karena bisa menyebabkan mutasi DNA sehingga terjadi perbedaan genetic.

Cara untuk menghindari paparan sinar matahari yang dapat membuat rambut anda patah dan bercabang:

• Untuk menghindari paparan sinar matahari yang dapat membuat rambut rusak adalah dengan cara menggunakan topi atau penutup kepala ketika keluar rumah pada siang hari.
• Gunakan juga shampoo yang mengandung SPF (Sun Protection Factor) atau tabir surya untuk melindungi rambut anda dari terjadinya rambut bercabang dan patah.
• Jangan ikat rambut anda terlalu keras saat terpapar sinar matahari karena hal itu akan membuat kerusakan rambut patah dan bercabang akan semakin parah.

4. Menggunakan shampoo yang tidak cocok dengan rambut

Menggunakan shampoo yang tidak cocok dengan rambut anda dapat memicu timbulnya rambut bercabang dan kasar. Dr Dewi Inong Irana, Spkk mengatakan bahwa memilih shampoo tidak hanya cocok dengan jenis rambut anda, tapi juga dengan kulit kepala anda.

Tips memilih shampoo yang cocok untuk rambut dan kulit kepa anda sehingga rambut patah dan bercabang dapat dihindarkan:

• Hindari shampoo dan juga masker rambut yang banyak mengandung detergen atau busa, apalagi detergen yang memiliki kandungan cationic yang berbahaya bagi rambut.
• Gunakanlah shampoo dari bahan alami dan tradisional.
• Gunakanlah shampoo yang mengandung conditioner atau juka tidak gunakan conditioner setelah keramas. Shampoo yang mengandung conditioner yang berasal dari lactoserum ini berfungsi juga untuk melembabkan rambut. Conditioner mengandung hydrolyzed keratin yang berfungsi untuk memperbaiki rambut yang patah dan bercabang. Gunakanlah conditioner dengan PH 2,5 -3,5 karena selain dapat mengatasi masalah rambut seperti gatal, juga dapat membuat rambut lebih berkilau.
• Pilihlah shampoo yang sesuai dengan jenis kulit kepala anda apakah berminyak, kering, atau normal agar terhindar dari rambut patah, bercabang, dan pecah-pecah .
• Untuk rambut berminyak jangan gunakan shampoo dengan kandungan terlalu berat dan hindari penggunaan shampoo dengan bahan lemak yang biasanya terdapat label 3 in 1 atau 2 in 1. Pilihlah shampoo dengan label clarifying dan kandungan mint dan lidah buaya.
• Untuk rambut kering gunakanlah shampoo yang berlabel “dry therapy” atau dengan kandungan yang berguna untuk melembabkan. Gunakan juga conditioner tambahan yang diaplikasikan pada batang dan ujung rambut.
• Untuk rambut normal gunakan daily therapy agar rambut anda senantiasa indah dan lembut. Untuk rambut dengan kulit kepala normal ini sebaiknya keramasa 3 hari sekali karena rambut juga membutuhkan minyak atau sebum yang digunakan untuk menutrisi rambut.

Baca juga : 4 Cara Mengatasi Rambut Bercabang dan Patah Secara Alami

Dengan informasi diatas tadi, anda tidak usah khawatir rambut anda akan patah dan bercabang. Anda bisa menghindari faktor-faktor diatas untuk penyebab rambut bercabang.