Minuman Detoks Arang Aktif, Amankah?

admin in Blog

Sebelumnya kita sudah membahas tentang manfaat dan efek samping arang aktif. Kali ini ada yang lebih populer, minuman activated charcoal. Belakangan ini arang aktif dianggap sedang hits sebagai minuman sehat. Banyak produsen jus yang menawarkan jus lemon charcoal atau jus lemon yang dicampur dengan arang aktif.

Minuman ini terbuat dari air, jus lemon asli, pemanis alami, dan arang aktif alias activated charcoal. Walaupun warnanya hitam legam tapi rasanya tak mengubah rasa jus lemon biasa walaupun teksturnya sedikit kesat berkapur.
Minuman ini disebut-sebut sebagai minuman kesehatan yang mempunyai manfaat mencerahkan kulit, membuat saluran pencernaan yang lebih baik, menghilangkan efek mabuk minuman beralkohol, serta membuang segala racun jahat dalam tubuh.

Apakah benar minuman hitam legam ini sangat bermanfaat bagi kesehatan? Simak penjelasannya berikut ini ya.

Arang yang digunakan sebagai bahan dasar minuman ini bukanlah berasal dari jenis arang yang sama untuk digunakan sebagai arang pemanggangan. Activated charcoal adalah karbon aktif yang dihasilkan dari tempurung kelapa sawit tua, bambu, atau serbuk kayu yang telah melalui proses pengaktifan khusus guna meningkatkan daya serapnya.

BACA JUGA : Cara Cepat Menghilangkan Komedo Menggunakan Jeruk Nipis

Proses pengaktifan arang sendiri dilakukan dengan cara merendamnya bersama bahan-bahan kimia tertentu yang tentunya aman. Kemudian arang aktif diolah sehingga aman untuk dikonsumsi.

Apa saja manfaat minuman activated charcoal?

Minuman activated charcoal yang biasa kita temukan adalah untuk membantu detoksifikasi dan membuang zat-zat asing yang berbahaya dalam tubuh. Arang dikenal mampu menyerap racun 100 sampai 200 kali dari beratnya. Sementara dengan melalui proses aktivasi, arang aktif mampu menyerap massa racun dan kotoran sampai ribuan kali beratnya sendiri. Maka dari itu tak heran actvated charcoal diklaim sebagai bahan alami yang sangat baik untuk membilas racun dalam tubuh.

Apakah activated charcoal benar efektif membuang racun?

Arang aktif memang terbukti ampuh untuk menarik racun dalam tubuh. Khasiat detoksifikasi dari activated charcoal biasa digunakan sebagai penanganan untuk keracunan alkohol dan overdosis obat-obatan. Zat karbon aktif ini bekerja bagai spons, dengan mengikat diri pada racun dan menyerapnya sebelum terangkut dalam aliran darah.

Akan tetapi yang harus diperhatikan adalah activated charcoal tidak dapat dicerna oleh tubuh. Ini artinya, setelah menyerap racun dalam tubuh, residu arang aktif yang kini mengandung racun akan tetap berada dalam saluran pencernaan dan ikut dibuang bersama sisa makanan lainnya.

Jika racun yang masuk ke dalam tubuh sudah terlanjur dicerna oleh saluran pencernaan dan sudah terbawa oleh aliran darah ke seluruh tubuh, maka activated charcoal tidak akan banyak berguna untuk menarik racun.

Dosis arang aktif yang terkandung dalam minuman activated charcoal terhitung hanya sedikit. Padahal untuk kasus keracunan atau overdosis, pasien akan diberikan sekitar 5-10 tablet activated charcoal untuk sekali tenggak demi mencapai proses detoksifikasi yang optimal. Sedangkan pada minuman detoks, paling banyak hanya mengandung sekitar 1 sampai 2 sdt arang aktif sehingga minuman ini belum tentu memberikan efek pembersihan racun yang diharapkan. Belum lagi efektivitas dan manfaatnya belum pernah benar-benar terbukti oleh bukti klinis yang kuat.

Lalu, amankan minum minuman arang aktif?

Sebenarnya untuk kata “detoks” yang biasa kita kenal mungkin berbeda dengan proses detoksifikasi dalam dunia medis. Dalam kondisi darurat, contohnya overdosis narkoba, pengeluaran racun dalam jumlah besar akan sangat berguna bagi pemulihan pasien dalam waktu singkat. Tapi jika kita tidak sedang keracunan berat, rutin mengonsumsi minuman charcoal aktif bukanlah ide yang bagus.

Arang aktif adalah zat detoksifikan yang sangat kuat. Selain menarik racun, arang aktif juga dapat berikatan dengan sejumlah nutrisi seperti vitamin C, niasin, pirodiksin (vitamin B6), tiamin (vitamin B1), dan biotin. Ini artinya, makanan atau minuman yang di konsumsi jadi kehilangan zat gizi penting yang terdapat di dalamnya. Karena arang aktif juga dapat menyerap obat-obatan yang sedang di konsumsi demi kesembuhan penyakit yang sedang di derita.

Tubuh kita sebenarnya sudah memiliki mekanismenya sendiri untuk membuang racun dengan bantuan ginjal. Jika kita ingin mencapai hasil detoksifikasi yang paling optimal demi menikmati manfaatnya, akan jauh lebih baik untuk mementingkan kesehatan ginjal dan organ tubuh lainnya, daripada hanya bergantung pada tren makanan sehat yang selalu datang dan pergi.

Demikian itulah gambaran umum tentang minuman detoks arang aktif yang sedang hits saat ini. Sebenanya lebih baik kita tetap menjaga asupan makanan dengan makanan yang bergizi, kurangi konsumsi makanan berminyak, junk food dan santan. Cara tersebut akan lebih baik dibandingkan kita mengkonsumsi minuman detoks arang ini secara terus menerus.

Kita tidak mau bukan kalau zat bergizi yang sudah kita makan ikut kembali dikeluarkan bersama arang aktif?? Pada dasarnya kembali lagi, lebih baik mencegah daripada mengobati.